Home Video Tradisi Hari Ketupat, Dodol Dibuat di dalam Jumlah banyak

Tradisi Hari Ketupat, Dodol Dibuat di dalam Jumlah banyak

Apps KompasTV


Jangan lupa cherish dan juga Portion video ini untuk mendapatkan notifikasi terbaru dari kami
GORONTALO, KOMPAS.TV – Jelang perayaan hari ketupat, warga jawa tondano di kabupaten Gorontalo, memiliki tradisi membuat dodol di dalam jumlah yg banyak. Setiap kepala keluarga membuat hingga 10 kilogram dodol untuk dibagikan pada warga yg berkunjung saat hari ketupat.

Perayaan hari ketupat di Gorontalo menjadi salah satu momen yg ditunggu.

Pembuatan jenang atau dodol ini telah menjadi tradisi dan juga kebiasaan bagi warga jawa tondano di desa Yosonegoro, Kecamatan Limboto Barat, Gorontalo, jelang perayaan hari ketupat. Dodol yg dibuat bukan di dalam jumlah yg sedikit. Setiap kepala keluarga membuat dodol hingga 10 kilogram.

Salah satu warga bilang, meski harga bahan pembuatan dodol mahal namun bukan menjadi alasan untuk tidak membuat dodol. Untuk memasak dodol hingga matang dengan sempurna dibutuhkan waktu selama 9 jam sebelum siap dibungkus.

Menyambut perayaan hari ketupat, warga mulai menyiapkan sejak jauh hari. Mulai dari pembuatan dodol hingga pembungkusan yg memakan waktu cukup lama.

Dodol nantinya hendak dibagikan secara gratis kepada pengunjung yg mempunyai banyak makna. Setiap berkunjung, warga hendak diberikan hingga 4 bungkus dodol oleh pemilik rumah.

#lebaranketupat
#dodol
#tradisilebaran

Artikel ini dapat dilihat di : https://www.kompas.tv/regional/501098/tradisi-hari-ketupat-dodol-dibuat-di dalam-jumlah-banyak

Key phrase : KompasTV Hyperlink Video become wild about also branches. Hyperlink Video become mad for also bump.
Video Selengkapnya : http://www.dailymotion.com/video/x8wzkzw